PROVINSI TAPANULI

oleh lamasi

Impian yang Terlupakan

Provinsi Tapanuli merupakan sebuah impian masyarakat Sumatera Utara yang berada di pantai barat Sumatera Utara. Provinsi Tapanuli memang belumlah menjadi sebuah provinsi yang masuk dalam peta resmi Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pembentukannya yang sudah didengung-dengungkan sejak lama ini hingga saat ini belum terlaksana.

Di awal tahun 2007 silam, tepatnya bulan januari, telah dilakukan musyawarah besar penyatuan tekat pembentukan provinsi Tapanuli itu sendiri. Warga dan para tokoh masyarakat dari utusan-utusan daerah yang menyatakan dirinya kelak bergabung dalam provinsi Tapanuli itu dating memenuhi lapangan Serba Guna Tarutung. Bahkan utusan dari masyarakat Nias sendiri dating menyatakan keikut sertaan mereka dalam pembentukan provinsi Tapanuli.

Pembentukan provinsi Tapanuli itu sendiri sebenarnya didasarkan pada kesamaan etnis dan budaya. Ini berawal dari keresidenan Tapanuli yang dibentuk oleh pemerintahan colonial Belanda. Nama Tapanuli itu sendiri diambil dari kata Tapian Na Uli, teluk yang berada di Sibolga Tapanuli Tengah. Daerah-daerah suku Batak pada umumnya menyatakan diri untuk bergabung dalam provinsi Tapanuli, kelak jika sudah terbentuk. Hanya masyarakat Tapanuli Tengah sendiri yang menolak untuk bergabung dengan provinsi Tapanuli.

Provinsi Tapanuli itu sendiri, hingga kini pembentukannya masih belum ada kejelasannya. Hingga beberapa kali pemerintah melalui departemen dalam negeri mengirimkan tim khusus dalam pembentukan provinsi Tapanuli itu. Namun cerita hanya tinggal cerita. Hingga tahun 2008 ini, pembentukan Provinsi Tapanuli itu hanya tinggal janji, yang bahkan mereka yang pada awal 2007 kemarin ikut dalam musyawarah besar itu sudah melupakannnya.

Pembentukan provinsi Tapanuli yang kesannya main-main meninggalkan sebuah ketidak puasan masyarakat terhadap pemerintah. Dalam hal ini banyak alasan yang berkembang di dalam masyarakat mengenai penundaan pembentukan provinsi Tapanuli. Dimulai dari kekhawatiran pemerintah Sumatera Utara, apabila provinsi Tapanuli telah dibentuk akan terjadi kekacauan dalam system pemerintahan. Yang mana para pegawai yang berasal dari daerah pantai barat yang dalam hal ini provinsi Tapanuli akan dikembalikan untuk membangun provinsi Tapanuli.

Namun ada juga anggapan bahwa pembentukan provinsi Tapanuli itu sendiri hanyalah sebuah wacana belaka. Yang mana para penggagas pembentukan provinsi Tapanuli hanya mengambil manfaat dari isu itu.

Namun apa pun anggapan di belakang semua itu, masyarakat telah banyak berharap. Dan jika di Tanya tentang dosa siapakah ini, akan sangat sulit untuk menjawabnya. Hingga kini muncul pertanyaan dalam benak masyarakat, apakah provinsi Tapanuli itu cita-cita atau hanya sekedar mimpi di siang bolong. Tapi yang pasti, banyak masyarakat telah berharap terhadap pembentukan provinsi Tapanuli itu sendiri.

One Comment to “PROVINSI TAPANULI”

  1. waduhh…bere…kek mana ini…knp tulisannya hitam juga…bere…kan jadi ga nampak….tulisannya bere :P

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: