BERIKAN SATU KESEMPATAN

oleh lamasi

Kesempatan adalah sesuatu yang tidak bisa kita dapatkan kapan saja dan dimana saja kita mau. Tetapi, kesempatan adalah sesuatu yang harus ditunggu dan diusahakan. Terkadang banyak orang yang tidak dapat menunggu hingga kesempatan itu datang, sehingga apa yang dikerjakannya menjadi tidak sesuai dengan apa yang diinginkan. Namun ada kalanya kita tidak harus menunggu kesempatan itu datang, ada saatnya kita harus mengambil inisiatif yang bijak sana dalam melakukan sesuatu hal yang memang sangat urgen atau dalam keadaan yang sangat genting.

Sering sekali kita mendengar ungkapan, bahwa kesempatan itu tidak datang dua kali, jika terjadi untuk kedua kalinya itu adalah keajaiban. Tetapi bagi saya kesempatan itu bisa datang berkali kali, tergantung bagaimana kita menggunakan kesempatan itu, untuk hal yang bermanfaat kah atau tidak. Dan saya yakin bahwa setiap orang selalu memiliki kesempatan kedua, ketiga dan seterusnya.

Mungkin kita pernah mendengar lirik lagu soundtrack dari film 3 IDIOTS yang mengatakan

Give me some sunshine
Give me some rain
Give me another chance
I wanna grow up once again

Keempat bait lagu tersebut jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, memiliki arti

Berikan aku beberapa cahaya matahari

Berikan aku beberapa hujan

Berikan aku satu kesempatan

Aku ingin tumbuh satu kali lagi.

Dalam bait yang ketiga, dia (penyanyi) meminta diberikan satu kesempatan untuk tumbuh sekali lagi. Itu artinya memang setiap orang membutuhkan kesempatan kedua. Aku, kau, dia dan mereka memerlukan kesempatan kedua. Kita juga wajib memberikan kesempatan kedua bagi orang yang memintanya dan ingin berubah.

Dalam film 3 Idiots, kita lihat bagaimana seorang mahasiswa tingkat akhir yang pada akhirnya bunuh diri karena “VIRUS” sang Rektor tidak memberikan kesempatan kedua kepadanya. Kenyataannya memang seperti itulah yang kita temui di dalam dunia nyata. Banyak orang yang terjatuh dan tidak mendapatkan kesempatan kedua, sehingga akhirnya putus asa dan sebagian besar bunuh diri.

Memberikan kesempatan kedua tidak akan menghilangkan kesempatan yang kita miliki sendiri. Bahkan sebaliknya, memberikan kesempatan kedua kepada orang lain untuk menjadi lebih baik, malah memberikan kita kesempatan untuk mengubah keadaan. Dan harus perlu kita catat bahwa semua orang pasti membutuhkan kesempatan kedua, dan mungkin suatu saat nanti kau akan membutuhkan itu dan mencoba merengek-rengek untuk memintanya kepada orang lain. Jadi selagi kamu bisa, berikanlah kesempatan itu kepada orang yang membutuhkan, yakinlah bahwa kau tidak rugi, dan sebaliknya, orang yang kau beri kesempatan kedua itu bisa menjadi lebih baik lagi.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: