NATAL TAHUN INI

oleh lamasi

Tidak terasa 3 tahun sudah aku tidak merayakan natal di rumah. Rasanya sungguh tidak enak. Tapi terkadang aku bersyukur sebenarnya, karena dengan jauh dari keluarga, aku malah dapat merasakan hidmatnya Christmas Eve. Apalagi saat pulang dari kebaktian malam natal, aku melakukan saat teduh di kamar kos ku sendirian, dengan ditemani cahaya lilin kecil, bisa dipastikan air mata ku akan jatuh tak tertahankan. Saat itu rasanya aku tidak bisa berbuat apa-apa, selain mengadu kepada Bapa di Sorga.

Memang bukan hanya aku yang merasakan hal yang seperti itu, bahkan teman-teman sekampus ku juga merasakan hal seperti itu. Tapi banyak dari mereka memilih untuk pergi ke rumah saudara, atau malah jalan-jalan di malam natal. Bahkan ada yang tidur dan tidak ikut dalam kebaktian malam Natal. Tapi aku yakin setiap orang memaknai Malam Natal dengan cara-cara sendiri yang tentunya berbeda-beda.

Tahun ini berbeda, aku sudah memasuki semester-semester akhir. Di penghujung tahun aku mendapatkan libur yang super panjang, yaitu awal november hingga awal maret. Sebuah kesempatan yang baik untuk pulang kampung, merayakan Natal dan Tahun baru di rumah. Dan tahun ini, mungkin rumahku akan kembali ramai. Sudah enam tahun lebih, kami tidak merayakan natal bersama-sama secara lengkap. Sejak abang ku yang nomor dua kuliah di Lampung. Kemudian disusul aku yang kuliah di Semarang. Jadi tidak pernah ada waktu untuk pulang merayakan Natal dan Tahun Baru di rumah. Tapi tahun ini, aku pulang, abang ku yang di lampung pulang dan juga Kakak ku yang di Bandung pulang. Ku rasa Natal tahun ini akan lengkap kembali.

Saat memasuki bulan Desember, rasanya aroma kue natal dan kelap-kelip pohon terang selalu menghiasi bayangan ku. Aku ingat saat di rumah, aku lah yang selalu bersemangat untuk memasung pohon natal, dan mendekorasinya dengan semua kreatifitas yang ku miliki. Tahun ini pohon Natal itu akan kembali terpasang, dan akan kembali ceria dengan semua aksesoris yang akan aku buat.

Tanggal 14 Desember 2010, hari kepulangan yang ku rencanakan. Tiket pesawat sudah ku beli, tinggal menunggu hari. Tapi terkadang aku ragu, apakah aku akan menemukan feel Christmas Eve seperti yang ku dapatkan selama tiga tahun ini. Karena ku sadari bahwa aku kurang menghargai Malam Natal ketika aku berada di rumah. Aku selalu menganggap malam natal biasa saja. Baru setelah di Semarang aku merasakan feel itu, perjuangan untuk sampai ke Gereja dengan jarak tempuh sekitar 10 kilometer atau sekitar setengah jam perjalanan.

Aku hanya berharap, aku lebih dewasa dalam menyambut malam natal tahun ini. Aku lebih mampu mengambil makna dari Natal tahun ini. Mengingat kesempatan ini tidak mungkin akan kembali lagi. Karena aku tidak pernah tahu, apakah tahun depan aku bisa merayakan natal lagi? Ku kumpulkan semua semangat ku, untuk menyongsong Natal yang penuh kasih dan damai dari surga.

 

SELAMAT NATAL 25 DESEMBER 2010

DAN

TAHUN BARU 1 JANUARI 2011

2 Komentar to “NATAL TAHUN INI”

  1. Salam Advent Natal.

    I wish you in Merry Christmas ……….

Tinggalkan Balasan

