AKU TAHU, AKU CINTA NEGERI INI

oleh lamasi

cinta indonesiaKatanya negeri ini begitu kaya, namun sayang masyarakatnya hidup miskin di atas tumpukan mineral tambang yang berlimpah ruah. Bahkan banyak yang kelaparan di atas tanah yang tidak pernah berhenti memberikan hasil buminya. Ironis. Tapi itu lah negeri ini.

Katanya negeri ini memiliki masyarakat yang menjunjung tinggi adat ketimuran, sopan dan ramah kepada setiap orang. Namun aku rasa itu hanya mitos. Bagi ku, begitu banyak manusia munafik di negeri ini, berlindung dalam kedok agama, lalu menghakimi sesamanya yang berbeda kepercayaan dengannya. Belum lagi begitu gampangnya kita menjatuhkan tangan kejam kepada sesama kita hanya karena kesalahan kecil. Lalu di mana adat ketimuran kita itu, saat banyak lelaki dan perempuan mempertontonkan auratnya tanpa rasa malu.

Katanya negeri ini memiliki pertumbuhan ekonomi terbesar ketiga di dunia setelah China dan India. Tapi bagi ku, itu hanya karang-karangan para elit politik saja, mencoba menina bobo kan masyarakat agar tidak khawatir akan krisis global yang sedang menghantam dunia. Nyatanya, di negeri ini orang miskin semakin banyak saja dan orang kaya semakin berlimpah ruah kekayaannya. Mungkin inilah yang bertumbuh, yang miskin semakin miskin dan yang kaya semakin kaya.

Katanya negeri ini adalah negeri yang demokratis. Tapi masih banyak orang yang dibungkam karena suara-suara yang diteriakkannya. Masih banyak orang yang tidak dapat duduk di pemerintahan karena nama Tuhan yang disembahnya berbeda dengan Tuhan yang disembah oleh sebahagian besar orang. Selain itu, katanya kita bebas memilih, namun pilihan telah ditentukan tanpa tahu siapa yang layak untuk dipilih.

Dan masih banyak katanya yang lain. Semuanya menceritakan betapa menyedihkannya negeri ini. Banyak orang yang dilahirkan di negeri ini, dibesarkan di negeri ini, mencaci dan menghina negeri ini. Aku tahu negeri ini sedang sakit, negeri ini sedang lemah. Lalu siapa lagi yang dapat menyembuhkannya jika anak-anak negeri ini yang seharusnya merawat dan menjaga negeri ini malah turut merusak negeri ini.

Aku tahu negeri ini tidak lah sempurna. Negeri ini bukan Negara super power yang dapat memberikan kesejahteraan yang merata bagi masyarakatnya. Aku tahu itu. Tapi aku tahu, aku sangat mencintai negeri ini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: